Jelajah
IMG-LOGO

Menilik Desa Wisata Karangrejo, Keindahan Alam, Kebudayaan, Kerajinan, dan Ragam Kuliner Lebur Menjadi Satu

Create By 08 August 2023 181 Views

Desa Wisata Karangrejo merupakan salah satu desa yang menjadi penyangga wisata di kawasan candi Borobudur. Berada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang atau hanya berjarak sekitar 4 km dari kawasan candi Borobudur. Berkat kekayaan alam yang melimpah dan dibarengi dengan pengelolaan yang baik, Desa Karangrejo pernah masuk 10 besar dalam Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2019.

 

Wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi kerajinan, dan sajian kuliner khas pedesaan menjadi destinasi wisata unggulan yang bisa dikunjungi di Desa Karangrejo. Tujuan wisata tersebut bisa dikunjung mulai dari pagi hari melihat golden sunrise sampai malam hari ditutup dengan makanan khas pedesaan ditemani oleh suasana malam yang menenangkan. Bisa dibayangkan betapa asyiknya berkunjung di satu tempat dengan sajian wisata yang berbeda-beda.

 

Wisata Alam

 

 

Di Desa Karangrejo terdapat 3 bukit yang memiliki landscape pemandangan berbeda-beda. Ada Puntuk Setumbu, bukit Barede, dan bukit Rhema. Puntuk Setumbu dan bukit Barede menghadirkan pemandangan sunrise yang sangat cantik. Bila kita berkunjung di pagi hari menjelang munculnya matahari kita bisa melihat pemandangan candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu secara bersamaan.

 

Sedangkan di bukit Rhema kita bisa melihat dan masuk ke bangunan unik dan bersejarah bernama Gereja Ayam. Gereja Ayam adalah simbol dipersatukannya berbagai agama yang ada di Indonesia. Sehingga saat kita berkunjung kesana bisa mengambil pelajaran dan pengalaman yang baik.

 

Wisata Budaya

 

 

Selain dijuluki sebagai desa wisata, desa Karangrejo juga disebut sebagai desa budaya karena turut serta dalam pelestarian budaya yang diwariskan oleh para leluhur. Di desa Karangrejo terdapat pendopo Ahmad Danom yang sudah berusia sekitar 200 tahun dan digunakan sebagai tempat platihan seni tari. Uniknya, setiap dusun yang ada di Karangrejo memiliki kesenian unggulannya masing-masing, seperti Kubro Siswo, Jathilan, Ndayakan, dan juga tim Rebana.

 

Wisata Kerajinan

 

 

Berwisata identik dengan buah tangan berupa kerajinan khas daerah tujuan wisata yang dikunjungi. Hal tersebut juga dimiliki oleh desa Karangrejo yang mana beberapa masyarakatnya memiliki UMKM kerajinan tangan, diantaranya adalah kerajinan miniatur patung, kerajinan gantungan kunci, kerajinan pembuatan gamelan, kerajinan lukisan kain perca dan kerajinan pembuatan batik tulis.

 

Para wisatawan diperbolehkan untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut, bahkan di salah satu tempat yang bernama Batik Setumbu kita bisa ikut belajar pelukisan batik mulai dari tahap pembuatan sketsa, mencanting, hingga hasil dari kita membatik tersebut bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

 

Wisata Kuliner

 

Sumber: Instagram @rempahborobudur
Sumber: Instagram @rempahborobudur

 

Setelah berwisata mengelilingi desa Karangrejo, tak lengkap rasanya bila tidak mencoba kuliner khas yang disajikan di desa Karangrejo. Terdapat 3 tempat unggulan di desa Karangrejo untuk menikmati sajian kuliner yaitu Rempah Borobudur, Gubuk Kopi, dan Balkondes. 

 

Sumber: genpi.co

 

Masing-masing tempat tersebut menyajikan keunikan yang berbeda-beda. Sebagai contoh bila kita berkunjung ke Rempah Borobudur kita bisa menikmati sajian makanan dibarengi dengan minuman berbahan dasar rempah yang bisa kita pilih sendiri sesuai dengan selera kita.