Jelajah
IMG-LOGO
Tech News

Chip Qualcomm ORYON mendatang

Create By dain 01 December 2022 180 Views
IMG

Pabrik chip baru milik TSMC

TSMC mengkonfirmasikan bahwa pihaknya akan membangun pabrik pengembangan chip baru di Arizona AS. Investasi Pabrik yang menghabiskan biaya hingga 188,6 Triliun Rupiah tersebut akan fokus pada pembuatan chip dengan tekhnologi pemrosesan 3nm terbaru.

Lokasi pabrik baru ini sendiri akan dekat dengan pabrik pembuatan wafer di phoenix yang kini tengah mengerjakan chip 5nm. Chip 3nm ini direncanakan nantinya akan digunakan oleh perangkat Apple Iphone, Ipad dan Mac Terbaru.

Disebutkan juga bahwa upacara memasukan peralatan untuk pabrik baru TSMC ini baru resmi dilaksanakan pada 6 Desember 2022 mendatang.

 

Chip procesor baru qualcomm ORYON

Dalam acara Snapdragon summit 2022, Qualcomm juga memperkenalkan “ORYON”, Procesor custom baru mereka untuk perangkat windows on ARM. Sayangnya ini baru perkenalan nama saja. Oryon tersebut baru akan diumumkan lebih lanjut pada 2023 mendatang.

Qualcomm tak memberikan penjelasan lebih detail lagi,termasuk apakah mereka bakal menghadirkan series chipset windows baru lagi. Qualcomm memang sudah mempunyai Snapdragon 8CX series untuk perangkat Windows, tetapi performanya kurang optimal lantaran prosesornya masih murni berbasis ARM, sementara Windows sendiri belum mendukung penuh arsitektur ARM.

Jika di smartphone ada KRYO, untuk laptop qualcomm bakal punya prosesor kustom bernama ORYON tersebut.