Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Peringatan Hakordia, 29 Desa di Jawa Tengah Raih Penghargaan dari KPK

Create By dain 07 December 2023 79 Views
IMG

Pemprov Jawa Tengah menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia atau Hakordia 2023, Selasa, 5 Desember 2023. PJ Gubernur Nana Sudjana juga meluncurkan sekolah berintegritas. 

Dalam rangka peningkatan pemahaman tentang tata kelola sekolah yang berintegritas, Pemprov Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng meluncurkan sekolah berintegritas. Ini sebagai upaya peningkatan pelayanan publik di satuan pendidikan.

Acara peringatan Hakordia 2023 yang dihadiri perwakilan KPK RI juga dimeriahkan dengan memberikan penghargaan kepada 29 desa anti korupsi dari penilaian KPK RI, dan 4 besar diberi pembekalan lanjutan ke Kalimantan Timur.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana berpesan bahwa korupsi itu sangat merugikan negara dan provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk mengoptimalkan semua sektor kegiatan yang berdasar anti korupsi hingga ke tingkat desa.

Jumlah penghargaan Desa Antikorupsi ini menjadi yang terbanyak di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Jawa Tengah menjadi provinsi pertama yang mencanangkan desa anti korupsi.

Acara edukatif ini juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba poster digital bertema anti korupsi, film pendek anti korupsi, dan pengukuhan duta integritas tingkat SMA SMK. 

 

Nana Sudjana menegaskan komitmen pemerintah provinsi Jawa Tengah memberantas korupsi  untuk menuju Indonesia Maju, seperti yang menjadi semboyan Pemprov Jateng yang tidak korupsi dan tidak membohongi.

Nana Sudjana juga menambahkan bahwa acara hakordia yang digelar secara meriah ini sebagai bentuk upaya penyampaian kepada masyarakat luas, khususnya di Jawa tengah tentang langkah langkah yang sudah dilakukan pemerintah provinsi Jawa tengah dalam tindakan pencegahan korupsi. 

Sedangkan pemberian penghargaan merupakan bentuk komitmen Pemprov Jateng kepada masyarakat yang peduli kepada anti tindak pidana korupsi.

 

Ke 29 desa yang meraih predikat Desa Antikorupsi di Jateng diharapkan menjadi teladan bagi desa lain untuk bisa menjadi desa yang bersih dari segala bentuk tindak korupsi. 

 

PJ gubernur Nana memungkasi acara dengan mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dalam seluruh aspek pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik di Jateng.