Jelajah
IMG-LOGO
Kearifan Lokal

Sedekah Bumi: Tradisi Lestarikan Kearifan Lokal

Create By Kufita Aprilia 08 August 2023 1624 Views
IMG

Indonesia kaya akan keberagaman budaya dan tradisi. Salah satu contoh yang menarik adalah tradisi Sedekah Bumi Punthuk Setumbu di Desa Karangrejo, Magelang. Tradisi ini tidak hanya memiliki nilai-nilai religius, tetapi juga mengandung makna ekologis dan kearifan lokal yang perlu dilestarikan.

 

Desa Karangrejo terletak di lereng Merapi yang indah, dekat dengan destinasi wisata Candi Borobudur yang terkenal. Salah satu tempat yang menjadi ikon wisata di desa ini adalah Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu adalah bukit kecil yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dengan latar belakang Candi Borobudur yang megah. Lokasi ini menjadikan Punthuk Setumbu sebagai tempat tujuan wisata yang populer.

 

Sedekah Bumi adalah tradisi yang memiliki akar dalam budaya Jawa dan unsur kepercayaan lokal. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen dan keberkahan alam yang diberikan. Sedekah Bumi juga mencerminkan hubungan harmonis antara manusia dan alam, di mana manusia diharapkan menjaga dan merawat alam sebagai bagian dari tanggung jawabnya.

 

Tradisi Sedekah Bumi Punthuk Setumbu biasanya dilaksanakan pada saat tertentu, seperti menjelang musim panen atau dalam rangka peristiwa tertentu seperti upacara adat. Para petani dan warga setempat berkumpul di atas Punthuk Setumbu dengan membawa hasil bumi seperti beras, buah-buahan, sayuran, dan tumpeng. Mereka kemudian berdoa bersama untuk memohon berkah dan melanjutkan dengan prosesi membagikan hasil bumi kepada masyarakat yang hadir. Bagi mereka yang datang untuk menikmati pemandangan matahari terbit, tradisi ini memberikan pengalaman yang unik dan mendalam.

 

Tradisi Sedekah Bumi Punthuk Setumbu memiliki signifikansi yang mendalam bagi masyarakat setempat. Selain mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, rasa syukur, dan kepedulian terhadap alam, tradisi ini juga dapat menjadi daya tarik wisata budaya yang mendukung perekonomian lokal. Dalam era globalisasi ini, penting bagi komunitas di Desa Karangrejo untuk mempertahankan dan mempromosikan tradisi ini agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

 

Tradisi Sedekah Bumi Punthuk Setumbu di Desa Karangrejo, Magelang, merupakan contoh nyata tentang bagaimana kearifan lokal dan nilai-nilai keagamaan dapat saling menyatu dalam sebuah tradisi yang indah. Tradisi ini tidak hanya memberikan manfaat spiritual dan ekologis, tetapi juga memiliki potensi sebagai daya tarik wisata budaya. Dengan usaha kolektif dari masyarakat lokal, pemerintah, dan pihak terkait, tradisi ini dapat terus dilestarikan dan diapresiasi oleh generasi yang akan datang.